harapan baru di tahun baru

Harapan Baru di Tahun Baru. 
Tahun baru, baru saja datang. 

Kita merayakannya dengan sebuah harapan baru. Sebuah harapan yang tentu saja lebih baik dari tahun sebelumnya.
Saya membuka kembali kaleidoskop perjalanan hidup selama tahun 2020. Tahun dimana saya mengalami kebanjiran di awal tahun dan kemalingan di akhir tahun. 
Awal Januari 2020 rumah penuh dengan air. Buku sebagai mahkota seorang penulis banyak yang terendam banjir. Printer hadiah dari EPson  sudah tidak bisa dipakai lagi karena terendam air. Kami yang dulu tidur di atas tempat tidur, kini harus ikhlas tidur di bawah lantai dengan alas tikar dan selimut merah. 
Cukup parah juga banjir di tahun 2020. Banyak orang mengalaminya. Namun tak separah tsunami Aceh 26 Desember 2004.

Banjir usai datang wabah Corona. Kami tak bisa hidup dalam suasana normal. Bekerja dari rumah adalah pilihan agar virus Corona tak sampai menyerang tubuh. 
Namun, untung tak dapat diraih dan malang tak dapat ditolak. Kami sekeluarga positif covid-19. Kami harus menjalani masa isolasi mandiri di rumah sebulan lamanya. 

Setelah dinyatakan sembuh dan negatif covid-19 kami pergi berlibur ke Bandung. Rumah dalam keadaan kosong. Tamu tak diundang datang membawa sepeda motor honda dan 2 laptop. 
Laporan pencurian ke kantor polisi sudah dilakukan. Urus asuransi motor juga sudah dilakukan. Tinggal menunggu berita dari mereka saja. Kalau memang jodoh akan kembali ke pemiliknya.
Manusia lahir tanpa busana dan menangis karena keluar dari rahim ibundanya. Sementara mereka yang melihatnya tertawa bahagia melihat kehadiran bayi mungil yang siap menjadi manusia. 
Ada yang umurnya panjang dan ada yang berumur pendek. Bila amal kita baik, mereka akan menangis ditinggal manusia sholeh dan sholekhah. Kita tersenyum dengan selembar kain kafan di badan. 

Begitulah hidup.  Ada suka dan duka. Ada menangis dan tertawa. Ada cerita dan berita yang akan terkenang sepanjang masa. 
Harapan saya di tahun baru adalah hidup lebih bermanfaat untuk orang banyak. Rajin belajar lekas pandai. Siapa pemalas tidak naik kelas. 
Tahun 2021 ini, saya harus naik kelas. Dari orang-orang biasa-biasa saja menjadi orang yang luar biasa. Dengan cara belajar sepanjang hayat dan tidak malas untuk belajar. Selalu memompa diri dengan resolusi literasi yang memotivasi. 
Banyak membaca membuat saya banyak menulis. Aktivitas menulis dan membaca sudah menjadi makanan saya setiap hari. 

Satu persatu buku karangan saya terbit. Mulai dari catatan harian seorang guru blogger, sampai awas virus Corona mengintai anda.
Semua itu bisa terjadi karena saya mempunyai alat rekam yang ajaib. Alat rekam itu bernama Blog yang selalu saya kelola dengan baik. 
Saya buka tulisan saya dari bulan January hingga Desember 2020.

Wow sudah banyak juga. Ibu Mila di wa group rumah virus literasi menunjukkan banyaknya tulisan saya di aplikasi excel  dan tak terasa sudah 351 tulisan. 
Tabungan tulisan saya di blog sudah banyak juga.  Kini saatnya dirajut menjadi buku. Sebuah buku perjalanan seorang guru blogger yang selalu menulis setiap hari. 
Jagung bakar dan ayam bakar menemani saya di tahun baru ini.  Anak anak membakar jagung dan ayam di depan rumah. Kami merayakannya di rumah saja. 
Semoga tahun 2021 ini menjadi lebih baik dari tahun 2020. Aamiin. 

Salam Blogger persahabatan 

Omjay 
Guru Blogger Indonesia
Blog http://wijayalabs.com

Comments

  1. Semoga Kita mampu menghadapi segala ujian dan cobaan dengan sabar dan syukur agar dapat memperoleh Ridho Illahi.

    ReplyDelete
  2. Selamat Tahun Baru Om Jay, Semoga di Tahun 2021 ini Om Jay dan Keluarga diberikan rezeki yang barokah dan kesehatan serta semangat menyebarkan virus menulis , serta menginspirasi kita semua. Tahun ini lebih baik dari tahun kemarin. aamiin

    ReplyDelete
  3. Selamat tahun baru om Jay. Banyak sekali kisahnya sehingga dapat memberikan motivasi untuk saya. Semoga di tahun 2021 om semakin sukses dan selalu berada dalam lindungan-Nya

    ReplyDelete
  4. Semoga segala musibah dan cobaan yg Omjay terima di tahun kemarin berganti berkah di tahun ini..

    ReplyDelete
  5. Semoga di tahun ini makin banyak karya, sukses selalu buat omjay..

    ReplyDelete
  6. Semoga tahun baru memberikan keberkahan kepada OmJay dan kita semua. Aamiin

    ReplyDelete
  7. Luar biasa om jay, menginspirasi dan memotivasi untuk optimis berliterasi

    ReplyDelete
  8. Banyak kejadian, banyak hikmah, smg awal th 2021 banjir rezeki dan keberkahan utk Om Jay dan keluarga. Amin.....

    ReplyDelete
  9. Selamat tahun baru om Jay dan kawan penulis semoga tahun baru atau awal 2021 mendapatkan apa diinginkan aminn

    ReplyDelete
  10. Selamat tahun baru OM Jay..
    Kisah sedih tahun lalu menjadi Kenangan sebagai ujian untuk naik kls yg Lebih tinggi Dan Lebih tinggi derajadnya, Dan smg tahun 2021 OmJay fan keluarga Allah Memberi kesehatan dan kesuksesan ... aaam8n...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

istriku perawatku

Ayo bergabung di Blogger collaboration

lomba inobel guru