Ayo bergabung di Blogger collaboration

*GRUP MENULIS EKSKLUSIF  dengan  “BLOGGER COLLABORATION”*
Oleh: Mardisyaf Ramli

Sebelumnya, saya mengucapkan selamat pada Bapak Wijaya Kusumah (Oom Jay), yang telah berhasil mencapai gelar DOKTOR dengan hasil MEMUASKAN.

Walaupun hanya mengikuti melalui Youtube tadi siang, tetapi bagi saya merupakan kebanggaan tersendiri. Dan hasil disertasinya, sangat bermanfaat bagi saya pribadi.
Dalam usia yang telah masuk golongan lansia (68 tahun), saat ini saya sedang belajar mengembangkan hobi menulis. Suatu kegiatan yang diyakini dapat mencegah kepikunan. Selain itu, dapat memberikan motivasi kepada generasi muda.  Kegiatan ini berawal sejak pandemi Covid 19  melanda dunia. Ini berdampak pada kegiatan dan aktifitasku di luar rumah.

Semuanya di mulai dari NOL. Karena harus merubah kebiasaan menulis, yang sebelumnya ilmiah, sekarang menjadi cerpen dengan berbagai genre. Saya mencoba masuk grup menulis alumni. Dan, kemudian mencoba mengembangkan diri dengan memasuki beberapa grup lain. 

Suatu kebanggaan tersendiri, saat buku antologi menulis bareng (Nubar) yang pertama selesai dicetak. Tetapi, tulisan tersebut mendapat berbagai komentar dan tanggapan dari anak-anak serta para sahabat. Mereka menyatakan bahwa tulisan saya terkesan amburadul. Dan disarankan untuk mempelajari teknik penulisan yang mengikuti kaidah PUEBI.  Apalagi, paragraf pertama tulisan tersebut terasa hambar dengan alur cerita yang tidak jelas. Dan tidak ada konflik di cerpen tersebut. Bagi saya pribadi, semua komentar tersebut sangat berharga karena bisa memperbaiki teknik penulisan. Dan Pembimbing di grup pertama ini, berhasil membuat anggotanya termotivasi untuk menulis. Menulis dan terus menulis. Apapun yang kita lihat, semuanya bisa menjadi bahan tulisan, termasuk video yang saya saksikan untuk tulisan ini.

Tidak semua grup yang saya ikuti, memberi bimbingan sesuai dengan yang diharapkan. Alhamdulillah, grup yang dimotori Ibu Rahayu Apti dengan mengundang para pakar sebagai narasumber,  baru di sini saya menemukan jawabannya. Menurut pendapat pribadi, untuk apa nama kita terpampang di berbagai buku, jika kualitas tulisan tidak sempurna.

Apa yang saya amati saat Oom Jay menyampaikan disertasinya, tiba-tiba terpikir, jika ada grup Menulis Eksklusif dengan perantaraan “blogger collaboration”. Bagi anggota akan sangat bermanfaat, karena Pembimbing dan sahabat literasi, bisa saling mengkoreksi dan memberi saran untuk perbaikan tulisan kita.  Demikian juga bagi Pembimbing, tidak perlu mengulang-ulang penjelasan yang sudah disampaikan sebelumnya. Hasilnya, diyakini akan lebih baik dan keren. Karena kita sebagai penulis, menyuguhkan tulisan yang berkualitas.
Jika, penelitian Oom Jay menggunakan 4 siklus, tetapi di grup Menulis Eksklusif, minimal 3 siklus. Siklus pertama, merupakan draft tulisan dari penulis sendiri. Siklus kedua, arahan serta koreksi dari Pembimbing dan saran atau pendapat dari sesama anggota. Dengan demikian, sesama anggota dapat saling berkolaborasi. Siklus ketiga adalah hasil perbaikan tulisan tersebut. InsyaAllah akan menghasilkan tulisan yang legit, untuk masuk ke percetakan.

Sekali lagi, selamat dan sukses untuk Oom Jay, dari sahabat literasi di Grup Diskusi Bisa Menulis.

Bekasi, 8 Juni 2022.

Comments

  1. Selamat Om Jay atas keberhasilannya meraih gelar Doktor. Semoga kesehatan dan kesuksesan menyertai Om Jay selalu.

    ReplyDelete
  2. Selamat Om Jay atas keberhasilannya meraih gelar Doktor. Semoga sehat selalu dan semoga gelar tersebut akan semakin memberi kemanfaatan bagi seluruh umat. Senang lihat tulisan Pak Mardisyaf ada di sini, merasa tersanjung membacanya, jujur saya merasaa belum pantas menerima pujian tersebut. Semoga itu akan menjadi cambuk bagi saya untuk lebih giat lagi dalam kegiatan berliterasi. Salam literasi.

    ReplyDelete
  3. Sempat on Jay
    Doktor Om.

    Selalu memberi pencerahan dan inspirasi

    ReplyDelete
  4. Semoga twrwijud blogger collaboration.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

istriku perawatku

lomba inobel guru